Kipas angin adalah suatu alat yang memberi cukup banyak manfaat bagi kehidupan. Kipas angin berfungsi untuk memberikan udara dingin dan segar ketika suhu udara terasa panas. Cara kerja kipas angin adalah alat yang dapat mengubah energy listrik menjadi energy gerak. Dengan menggunakan  motor listrik yang berguna untuk mengubah energy listrik menjadi energy gerak. Dalam motor listrik tersebut, ada kumparan besi yang bergerak dan sepasang magnet U pada bagian yang diam. Saat listrik mengalir pada lilitan kawat dalam kumparan besi, peristiwa ini mengubah kumparan besi menjadi magnet. Magnet tersebut menghasilkan gaya berputar secara periodik pada kumparan besi, Hal ini disebabkan oleh sifat magnet yang saling tolak menolak pada kedua kutubnya, sehingga gaya tolak menolak magnet antara sepasang magnet dan kumparan besi membuat gaya berputar.

Oleh karena itu, poros kumparan menjadi tempat baling-baling kipas angin dikaitkan. Untuk memperbesar hembusan angin pada kipas angin, perlu penambahan tegangan listrik pada kumparan besi agar cara kerja kipas angin lebih optimal. Bila saklar dinyalakan maka arus listrik akan mengalir pada kumparan stator motor dan menimbulkan gaya gerak listrik sehingga rotor motor berputar, di ujung rotor dipasang kipas untuk mengerakan putaran kipas.

Bila komponen kipas angin belum dirakit, kita bisa merakit kipas angin itu sendiri menggunakan instruksi cara pemasangan dan cara kerja kipas angin yang disertakan di dalam motor kipas angin berikut dengan penjelasan tentang kipas angin tersebut. Setelah kita rakit kipas angin, kita tes apakah bunyi, apakah baling-baling seimbang atau tidak dan tes juga kecepatan dari low, medium, dan high. Pertama, kita sambungkan coloka kipas angin dengan saklar, kita coba tes dengan menekan tombol on/off kemudian tes hembusan angin dari low hingga high. Bila dirasakan hembusannya berubah menjadi semakin kencang dan aman, lihat pula apakah terdengar suara motor bising atau lembut. Sesuaikan dengan apa yang tercantum di manual instruction.

No related posts.



By : admin on June 6, 2012

Memberi Komentar